23 perusahaan siap IPO di BEI hingga akhir 2019

Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat sebanyak 23 perusahaan siap melakukan penawaran saham perdana (IPO) hingga akhir 2019.

Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat sebanyak 23 perusahaan siap melakukan penawaran saham perdana (IPO) hingga akhir 2019. / Antara Foto

Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat sebanyak 23 perusahaan siap melakukan penawaran saham perdana (IPO) hingga akhir 2019.

Direktur Penilaian BEI, I Gede Nyoman Yetna Setia mengatakan, kontribusi kapitalisasi pasar saham di BEI terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) berpotensi menyaingi Malaysia dan Singapura.

Menurut dia, BEI akan mendorong kinerja pasar modal dalam hal pembiayaan dan meningkatkan kontribusi kapitalisasi pasar kepada PDB. Saat ini, kata Nyoman, posisi Indonesia sudah setara dengan bursa Vietnam.

"Kondisi kita saat ini setara dengan Vietnam. Kita upayakan mendorong kontribusi pasar modal untuk pembiayaan dan kita tingkatkan kontribusi kapitalisasi pasar kita," kata Nyoman di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (27/9).

Nyoman melanjutkan, hingga kuartal III-2019 kinerja BEI meningkat signifikan. Per 26 September 2019, posisi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di level 6.230,3 atau meningkat 0,58% dari tahun lalu. Total kapitalisasi pasar pun mencapai Rp7.161 triliun atau naik 1,97% dari tahun lalu.