3 tips sukses kelola keuangan bagi pelaku UMKM

Bank DBS Indonesia dan Komerce menyusun beberapa tahapan pengelolaan keuangan bisnis untuk mengembangkan manajemen keuangan yang efektif.

Ilustrasi UMKM. Sumber Foto: indonesia.go.id

Untuk kamu yang baru merintis/menjalani bisnis/usaha skala kecil, kamu dapat menjalankan bisnis tanpa perlu mengandalkan pinjaman online, loh! Bank DBS Indonesia dan Komerce menyusun beberapa tahapan pengelolaan keuangan bisnis yang perlu kamu perhatikan untuk mengembangkan manajemen keuangan yang efektif.

Apa saja? Yuk, kita bahas satu per satu dan cari tahu bagaimana mengimplementasikannya dalam bisnis!

Tetapkan tujuan keuangan

Menetapkan tujuan keuangan merupakan langkah awal dalam mengelola keuangan bisnis. Tujuan yang dibuat harus memenuhi indikator SMART, yaitu Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-bound atau spesifik, terukur, realistis dan dapat dicapai, relevan dengan situasi yang ada, serta memiliki jangka waktu yang jelas.

Tujuan yang teridentifikasi dengan baik dapat membuatmu lebih terarah dalam mengelola keuangan bisnis dan dapat meningkatkan peluang dalam mencapai target keuanganmu. Semakin detail tujuan yang kamu buat, akan semakin mudah bagimu untuk memvisualisasikan cara untuk mencapai tujuan tersebut.