7 tips membuka toko kelontong

Peluang usaha apakah yang memiliki potensi ditahun ini? Salah satu pilihan yang bisa kamu lakukan adalah membuka toko kelontong.

Arsip foto - Pedagang membenahi produk makanan di sebuah toko kelontong di kawasan Rawamangun, Jakarta. Foto: Antara/Rosa Panggabean/ss/ama/pri.

Jika kamu sudah lama memimpikan memiliki usaha, awal 2023 ini awal yang tepat untuk membuka bisnis kamu. Lantas peluang usaha apakah yang memiliki potensi ditahun ini? Salah satu pilihan yang bisa kamu lakukan adalah membuka toko kelontong.

Meski demikian, setiap peluang usaha tentu memiliki resiko kerugian yang bisa saja terjadi setiap waktu. Nah bagaimana caranya agar usaha yang baru kamu rintis tidak gulung tikar. 

Dilansir dari berbagai sumber, menjawab hal tersebut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan, di antaranya adalah:

1. Lokasi yang tepat 
Lokasi adalah hal terpenting dalam membangun usaha toko kelontong. Sedikit atau jumlah pembeli sebagian besar ditentukan oleh lokasi toko. Toko kelontong menyediakan kebutuhan rumah tangga. Oleh karena itu, tempat yang paling cocok dalam sistem tersebut adalah daerah yang padat penduduk.

Penduduk setempat menyukai lokasi toko yang dekat karena mereka tidak perlu pergi jauh untuk membeli kebutuhan pokok. Jika kamu tidak ingin menyewa toko maka kamu bisa menggunakan rumah sebagai toko. Dengan cara ini, modal yang kamu butuhkan lebih sedikit.