AP I implementasikan smart airport

Sebagai wujud komitmen Angkasa Pura I meningkatkan kualitas pelayanan, bagi pengguna jasa bandara

Angkasa Pura I berupaya meningkatkan kualitas pelayanan, bagi pengguna jasa bandara / sepinggan-airport.com


PT Angkasa Pura I (Persero) meresmikan pengoperasian Airport Operation Control Center (AOCC) di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur. Pengoperasian AOCC di Bandara SAMS ini diklaim sebagai pertama kalinya dilakukann di Indonesia.

Pengoperasian ini sebagai langkah awal dalam melakukan digitalisasi aktivitas operasional bandara dan implementasi smart airport secara menyeluruh di bandara-bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero), agar semakin menegaskan terwujudnya operational excellence dan service excellence. 

"Pada 2018, implementasi AOCC ditargetkan dilakukan pada sembilan bandara," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, Jum'at (2/3).

Pembangunan sitem AOCC ini sebagai wujud komitmen Angkasa Pura I untuk meningkatkan kualitas pelayanan, bagi pengguna jasa bandara. Melalui implementasi sistem teknologi informasi, sehingga adanya pengawasan yang baik dan terintegrasi dalam suatu sistem berteknologi tinggi.

Total pergerakan penumpang pada 2017 di 13 bandara Angkasa Pura I sebanyak 89,7 juta orang, naik 5,9% dibanding total pergerakan penumpang pada 2016 yang sebanyak 84,7 juta orang. Sementara itu, total pergerakan pesawat pada 2017 sebanyak 791.387 pergerakan, naik 3,51% dibanding pergerakan pesawat pada 2016 yang sebanyak 764.531 pergerakan.