Program Baktiku Negeriku Telkomsel wujudkan digitalisasi daerah konservasi Taman Nasional Ujung Kulon

Telkomsel berkomitmen terus memberikan dampak sosial positif melalui corporate social responsibility (CSR).

Foto dokumentasi Telkomsel.

Telkomsel berkomitmen terus memberikan dampak sosial positif melalui corporate social responsibility (CSR). Kali ini, perusahaan menjalankan rangkaian green initiative program untuk fokus terhadap aspek Environmental Social Governance (ESG)  melalui program Baktiku Negeriku.

Hal itu diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepahaman dengan Taman Nasional Ujung Kulon dalam rangka membantu pemberdayaan digital di area konservasi.

Baktiku Negeriku adalah program pemberdaya digital (digital enabler) bagi para pelaku pemberdayaan masyarakat yakni NGO/LSM/Foundation/Community Center yang bersinggungan langsung dengan isu-isu lingkungan di setiap area kerjanya. Melalui program ini, Telkomsel dan pihak Taman Nasional Ujung Kulon melakukan kajian bersama untuk menjalankan riset dan uji coba solusi digital yang akan diterapkan sebagai penyelesaian isu di lingkungan tersebut. Solusi digital yang diberikan Telkomsel adalah dengan melakukan tagging dan tracking lokasi madu hutan yang akan memudahkan para petani madu memberdayakan hasil panen dan efisiensi waktu.

Executive Vice President West Area Sales Telkomsel, Gilang Prasetya mengatakan program Baktiku Negeriku merupakan fasilitator bagi pemberdaya masyarakat agar menerapkan teknologi digital tepat guna dalam aktivitas pemberdayaan lingkungan.

"Dalam hal ini kami melihat Taman Nasional Ujung Kulon memiliki potensi yang tinggi untuk dikembangkan. Penerapan digitalisasi ini tentunya akan meningkatkan efisiensi pemanenan dan akan memudahkan kerja para petani madu hutan," ujar Gilang dalam keterangan resminya, Senin (6/6).