Bandara Halim Perdanakusuma kembali beroperasi setelah terendam banjir

Wings Air, Batik Air, dan Citilink sudah kembali terbang dari dan menuju Bandara Halim Perdanakusuma.

Pesawat Citilink dan Batik Air sudah kembali terbang dari dan menuju Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Kamis (2/1). Dokumentasi PT Angkasa Pura II.

PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menyatakan Bandara Halim Perdanakusuma sudah kembali beroperasi normal untuk melayani penerbangan sipil pada hari ini (2/1), setelah ditutup kemarin (1/1) karena tergenang banjir.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan Halim Perdanakusuma bisa beroperasi setelah AP II melakukan pengecekan dan memastikan seluruh fasilitas, peralatan, dan landasan pacu (runway).

"Semua sudah memenuhi aspek keamanan dan keselamatan penerbangan sehingga Bandara Halim Perdanakusuma laik operasional," kata Awaluddin dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (2/1).

Adapun kondisi runway saat ini sudah tidak terdapat genangan air dapat digunakan penuh dengan dimensi 3.000 x 45 meter. Struktur kekerasan dan kekesatan runway masih memenuhi standar dan tidak ada kerusakan akibat genangan air. Selain itu, tidak terdapat kerusakan lampu runway dan taxiway sehingga dapat digunakan dengan baik.

PT Angkasa Pura II juga telah melakukan pengecekan dan pembersihan serpihan benda asing (foreign object debris/FOD) akibat material terbawa air.