Bank Mandiri bakal terbitkan surat utang Rp1 triliun

Bank Mandiri berencana menerbitkan surat utang atau obligasi bertahap dengan total nilai Rp20 triliun.

Ilustrasi. Foto Antara.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) berencana menerbitkan obligasi rupiah yang merupakan bagian dari Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) II Tahap I 2020 dengan target indikatif Rp1 triliun. Rencananya, total raihan dana PUB II Bank Mandiri secara keseluruhan adalah sebesar Rp20 triliun.

Direktur Treasury, International Banking, dan Special Asset Management Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan penerbitan obligasi ini merupakan inisiatif strategis untuk memperkuat struktur funding perseroan dalam mendukung rencana ekspansi bisnis ke depan.
 
"Sejalan dengan keinginan Bank Mandiri untuk terus mendukung berbagai program nasional pemerintah, kami senantiasa memperkuat struktur funding, terutama di tengah tantangan pandemi Covid-19 dan ketidakpastian global," kata Darmawan, Minggu (5/4).

Darmawan melanjutkan bank berlogo pita emas ini telah menunjuk lima perusahaan penjamin emisi. Kelima perusahaan tersebut yakni Mandiri Sekuritas, BNI Sekuritas, Danareksa Sekuritas, BCA Sekuritas, dan Trimegah Sekuritas Indonesia.

PUB II Tahap I ini, kata Darmawan, akan diterbitkan dalam dua seri. Pertama, Seri A dengan jangka waktu lima tahun dengan kisaran kupon sebesar 7,50%-8,60%. Kedua, Seri B berjangka waktu tujuh tahun dengan kisaran kupon sebesar 8,30%-9,40%.

"Untuk besaran kupon akan ditentukan berdasarkan penawaran yang masuk dari calon investor. Tentu kami juga akan menggunakan tingkat pengembalian investasi pada Surat Berharga Negara serta suku bunga acuan Bank Indonesia dalam menentukannya," ujar Darmawan.