Bentuk GoTo, Gojek dan Tokopedia resmi merger

Ke depannya, Gojek dan Tokopedia akan tetap beroperasi sebagai entitas yang berdiri sendiri, di dalam ekosistem Grup GoTo.

Ilustrasi merger Gojek dan Tokopedia. Dokumentasi GoTo.

Platform layanan on-demand dan pembayaran serta finansial Gojek, dan perusahaan teknologi dengan lokapasar terdepan Tokopedia, secara resmi mengumumkan pembentukan Grup GoTo, hari ini, Senin (17/5). GoTo adalah grup teknologi terbesar di Indonesia yang menjadi ekosistem andalan masyarakat, dengan menyediakan berbagai solusi untuk menjalani keseharian (go to ecosystem for daily life).

Pembentukan Grup GoTo ini merupakan kolaborasi usaha terbesar di Indonesia, sekaligus kolaborasi terbesar antara dua perusahaan internet dan layanan media di Asia hingga saat ini.

Dengan mengombinasikan layanan e-commerce, pengiriman barang dan makanan, transportasi serta keuangan, Grup GoTo akan menciptakan platform konsumen digital terbesar di Indonesia, melayani sebagian besar kebutuhan konsumsi rumah tangga. 

Tercatat, dengan merger ini, Grup GoTo akan memiliki total Gross Transaction Value (GTV) lebih dari US$22 miliar pada 2020, dengan lebih dari 1,8 miliar transaksi pada 2020.

Selain itu, Grup ini memiliki lebih dari dua juta mitra driver yang terdaftar per Desember 2020, lebih dari 11 juta mitra usaha (merchant) per Desember 2020, lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan (Monthly Active User/MAU) dan memiliki kontribusi sebesar 2% kepada total PDB Indonesia.