Biaya penggunaan debit Garuda Merah dikurangi Rp1000

Selain penurunan biaya administrasi dan MDR, kartu GPN juga memberikan akses kepada nasabah untuk menggunakan alat bayar GPN lintas sarana

Karyawan memeriksa kartu debit berteknologi 'chip' yang belum diisi data di Card Production Bank Mandiri, Jakarta/AntaraFoto

Perbankan akan menurunkan biaya administrasi bulanan hingga Rp1.000 bagi pengguna kartu debit Gerbang Permbayaran Nasional "Garuda Merah" . Selain itu, juga mengurangi komisi "merchant discount rate/MDR" menjadi maksimal 1%.

MDR adalah komisi yang diminta bank kepada pedagang atau sektor jasa yang menggunakan mesin EDC milik bank tersebut.

"Maksimal turunnya Rp1.000. Jika Bank Mandiri beragam dari rentang Rp500-Rp1.000," ujar Senior Vice President Consumer Deposits Bank Mandiri, Trilaksito Singgih Hudanendra seperti dilansir Antara, Senin (9/4) di Jakarta.

Mandiri merupakan salah satu bank yang sudah menerbitkan secara resmi kartu debit nasional berstandar GPN dengan logo "Garuda Merah". Bank Indonesia menargetkan hingga akhir April 2018, seluruh atau 115 bank di Indonesia sudah mengedarkan kartu debit berlogo GPN.

Secara rinci, penurunan tarif administrasi bulanan kartu debit Mandiri adalah untuk kartu debit Platinum menjadi Rp7.500 atau turun Rp1.000, kartu debit Gold Rp4.500 atau turun Rp1.000, dan debit silver Rp2.000 atau turun Rp500.