BRI Bina Klaster Pandan Wangi Amlapura, memberdayakan UMKM dan kaum perempuan

Pembinaan melalui klaster usaha ditujukan mendorong peningkatan produksi dan kapabilitas UMKM.

ilustrasi. foto Pixabay

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. mengangkat potensi bisnis anyaman daun pandan di Desa Tumbu, Kecamatan Karang Asem, Kabupaten Karang Asem, Provinsi Bali melalui klaster usaha binaan Pandan Wangi BRI Unit Amlapura dengan memberdayakan pelaku UMKM dan kaum perempuan.

Terbentuknya klaster usaha binaan Pandan Wangi ini berawal dari ketua klaster yakni I Made Pasek yang melihat daun pandan di desanya sangat melimpah namun belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat sekitar.

“Melihat potensi ekonomi dari melimpahnya daun pandan tersebut dan membuat bisnis baru di desa Tumbu yakni anyaman dari daun pandan," jelas I Made Pasek, dikutip Minggu (02/12).

Usaha tersebut memberdayakan masyarakat sekitar khususnya kaum ibu untuk ikut serta dalam produksi anyaman pandan sehingga terbentuklah klaster Pandan Wangi.

Sementara itu menurut Wakil Direktur Utama BRI,Catur Budi Harto program BRI ini memang difokuskan untuk mengangkat potensi ekonomi di daerah melalui pembinaan kelompok usaha atau klaster.