BRI siapkan dana Rp4 triliun untuk ekspansi bisnis

Rencana aksi anorganik itu telah mendapatkan restu pemegang saham. Setidaknya ada dua aksi anorganik yang akan dilakukan perseroan

Ilustrasi/Shutterstock

Emiten perbankan berkapitalisasi pasar Rp448 triliun, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menyiapkan dana hingga Rp5 triliun untuk mengakuisisi sejumlah perusahaan pada tahun ini.

Direktur Utama BRI Suprajarto mengatakan rencana aksi anorganik itu telah mendapatkan restu pemegang saham. Setidaknya ada dua aksi anorganik yang akan dilakukan perseroan pada tahun ini.

"Kami ingin menjadi mayoritas di Bahana Artha Ventura dan kami juga akan mengakuisisi satu perusahaan sekuritas," katanya katanya dalam paparan publik usai rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) yang digelar di Gedung BRI, Kamis (22/3).

Saat ini, emiten berkode saham BBRI itu telah menggenggam kepemilikan pada PT Bahana Artha Ventura (BAV) sebesar 35%. Perseroan menggelontorkan dana Rp71,21 miliar untuk mengakuisisi kepemilikan BAV pada akhir tahun lalu melalui skema private placement.

Kepemilikan saham mayoritas dalam BAV masih digenggam PT Bahana Pembangunan Usaha Indonesia (Persero). Manajemen BRI berniat meningkatkan cengkeraman saham menjadi mayoritas pada tahun ini.