Dollar AS semakin perkasa terhadap mata uang dunia

Kenaikan Dollar AS dikarenakan investor mencerna sejumlah laporan ekonomi yang secara umum positif.

Nilai tukar rupiah terhadap Dollar AS / AntaraFoto

Kurs dollar AS menguat terhadap sebagian besar mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), karena investor mencerna sejumlah laporan ekonomi yang secara umum positif. Disisi lain, nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Senin sore, melemah lima poin menjadi Rp13.756 dibanding posisi sebelumnya Rp13.751 per dollar AS.

Pengamat pasar uang Bank Woori Saudara Indonesia Tbk Rully Nova mengatakan fluktuasi nilai tukar rupiah terpengaruh sentimen dari eskternal, terutama dari The Fed

"Pada Maret ini, The Fed diperkirakan menaikkan suku bunganya, selanjutnya pasar menantikan sinyal seberapa banyak The Fed akan menaikan suku bunganya pada 2018 ini," katanya seperti dilansir Antara.

Proyeksi kenaikan suku bunga The Fed sejauh ini telah direspon pasar, terlihat dari imbal hasil obligasi pemerintah Amerika Serikat yang mengalami kenaikan.

Kendati demikian, fluktuasi rupiah relatif masih stabil. Apalagi, Bank Indonesia juga melakukan intervensi agar fluktuasinya tidak terlalu bergejolak.