Kembalinya drive-in cinema, inovasi bisnis bioskop kala pandemi

Penutupan bioskop selama pandemi mendorong perubahan pola konsumen dalam menonton film.

Drive-in cinema menjadi salah satu inovasi bioskop di tengah pandemi Covid-19. Alinea.id/Dwi Setiawan.

Menjelang sang surya kembali ke peraduannya, suasana Meikarta District 1, Lippo Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, semakin ramai. Beberapa pengunjung hilir mudik di pusat perbelanjaan. Yah, meskipun kedatangan pengunjung ini tak seramai sebelum pandemi Covid-19.

Sebagian pengunjung memarkirkan mobil seraya menonton film yang ditayangkan pada layar LED (Light Emitting Diode) raksasa di hadapannya. Mereka adalah pengunjung Meikarta Drive-Thru Dine-In yang ingin menikmati layanan teater kendara (Drive-In Cinema) dengan sajian kuliner dari berbagai gerai di Meikarta District 1. 

Ketika mobil masuk, petugas keamanan melakukan berbagai protokol kesehatan pandemi Covid-19, seperti pengecekan suhu tubuh, pemberian cairan penyanitasi tangan, dan pemeriksaan kapasitas penumpang. Kemudian pengunjung diarahkan untuk memesan makanan di pos selanjutnya sebelum memakirkan mobil di tempat yang disediakan. 

Model bioskop drive-in cinema ini memang sudah terdengar sejak beberapa waktu lalu. Pemberitaan aktivitas leisure economy ini bahkan viral di dunia maya. Salah seorang pengunjung, Alya, mengaku tertarik mendatangi bioskop terbuka itu. Ia bersama suami dan kedua anaknya langsung mendatangi Meikarta District 1.

“Viralnya aja kali ya. Kayaknya seru gitu. Penasaran aja,” ujar warga Bekasi tersebut dari dalam mobil, ketika ditemui Alinea.id Selasa (23/6).