Foxconn bangun ekosistem kendaraan listrik pada 2023 di KIT Batang

Foxconn juga akan berkecimpung di dalam ekosistem baterai mobil dan bidang teknologi komunikasi dan informasi.

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia memberikan keterangan progress investasi Foxconn di Indonesia, Kamis (17/11/2022). Tangkapan Layar/Alinea.id/Erlinda PW. 

Kementerian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan Foxconn akan merealisasikan investasi di Indonesia di awal 2023, dengan peletakan batu pertama atau groundbreaking di kawasan industri terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah.

“Mereka akan mulai groundbreaking di awal tahun depan,” tegas Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia dalam keterangan resminya, Kamis (17/11).

Foxconn merupakan perusahaan bergerak di bidang produsen elektronik multinasional asal Taiwan, akan berinvestasi di Indonesia dengan masuk di dalam ekosistem industri kendaraan mobil listrik terutama bus. Selain itu Foxconn juga akan berkecimpung di dalam ekosistem baterai mobil dan bidang teknologi komunikasi dan informasi atau information and communication technology (ICT) .

“Investasi ini adalah jawaban dari hasil negosiasi panjang antara Indonesia dengan Foxconn,” tambahnya.

Bahlil menyampaikan, telah bertemu dengan Chief Executive Officer (CEO) and Chairman of Hon Hai Technology Group (Foxconn) yaitu Young Liu. Dalam pertemuan tersebut, Liu menunjukkan keseriusannya untuk berinvestasi di Indonesia. Bahkan Liu disebut akan segera kembali lagi ke Indonesia untuk mengimplementasi investasi di Indonesia secepatnya.