Garuda Indonesia kini layani rute khusus kargo Makassar-Hongkong

Perluasan konektivitas rute khusus kargo ini menjadi peluang bisnis berkelanjutan.

Pesawat Garuda Indonesia tipe Boeing 737 Max 8 terparkir di Garuda Maintenance Facility AeroAsia, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Foto Reuters/Willy Kurniawan.

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia, Sabtu (30/10/2021), meresmikan layanan penerbangan rute khusus kargo Makassar-Hongkong yang terhubung langsung dengan penerbangan kargo dari Surabaya.

Layanan rute tersebut merupakan pengembangan dari rute Surabaya-Hongkong yang telah dilayani sejak awal 2021 lalu. Juga merupakan bagian dari upaya perluasan jaringan penerbangan kargo guna mendukung peningkatan daya saing komoditas ekspor unggulan nasional, khususnya wilayah  Indonesia Timur, yang dikenal dengan keunggulan komoditas marine product.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan, perluasan konektivitas rute khusus kargo ini dapat menjadi salah satu peluang bisnis yang secara berkelanjutan akan terus dioptimalkan, selaras dengan tren kebutuhan pengangkutan kargo yang terus tumbuh.

"Dengan pengembangan jaringan penerbangan kargo ini, kami harapkan aktivitas direct export komoditas unggulan dari kawasan Indonesia Timur dapat semakin meningkat sehingga mampu mendukung upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional," ujar Irfan dalam keterangan tertulis hari ini.

Makassar sebagai hub penerbangan di kawasan timur Indonesia, jelas Irfan, memiliki letak yang strategis sebagai titik kumpul jaringan pengiriman komoditas kargo yang terhubung dengan penerbangan langsung ke sejumlah wilayah penghasil komoditas unggulan ekspor nasional seperti Ambon, Kendari, Sorong hingga Manado.