Garuda Indonesia mulai layani penerbangan kargo Kertajati-Hang Nadim

Penerbangan dilayani menggunakan armada Boeing 737-800.

Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia. Foto dokumentasi Garuda Indonesia.

Maskapai penerbangan nasional PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA), Selasa (23/2) resmi melayani penerbangan kargo dengan rute Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kertajati, menuju Bandara Hang Nadim, Batam, yang saat ini dilayani dengan penerbangan charter.  

Penerbangan charter perdana tersebut mengangkut komoditas unggulan serta produk Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) Provinsi Jawa Barat. Penerbangan ini dilayani menggunakan armada Boeing 737-800, yang memiliki kapasitas daya angkut hingga 10 ton.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, peluncuran penerbangan charter ini merupakan wujud sinergitas antara Garuda Indonesia dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dalam upaya pemulihan dan transformasi ekonomi daerah dari dampak pandemi Covid-19 melalui penyediaan dan peningkatan layanan distribusi logistik.

Garuda Indonesia dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sepakat untuk bersinergi dalam beberapa aspek. Di antaranya, pengembangan dan penyediaan jasa transportasi udara penumpang dan kargo, pengembangan kawasan, pengembangan sumber daya manusia (SDM), optimalisasi program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) bagi pembangunan daerah, serta promosi destinasi wisata.  

"Saat ini sektor UMKM menopang 90% aktivitas perekonomian di Jawa Barat. Kami optimistis pengoperasian penerbangan kargo dari Bandara Kertajati, dapat menunjang pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat, melalui layanan penerbangan langsung dengan waktu dan jarak yang lebih singkat dengan biaya logistik yang lebih kompetitif," tutur Irfan dalam keterangan resminya, Selasa (23/2).