Gelombang 4 Kartu Prakerja dibuka akhir Juli, pemerintah jamin lebih baik

Pemerintah menargetkan pada Agustus mendatang dapat dimulai kelas tatap muka secara langsung bagi para peserta.

Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). Foto Antara/Aditya Pradana Putra.

Setelah sempat dihentikan sementara untuk dilakukan evaluasi menyeluruh, kini program Kartu Prakerja yang telah berjalan sebanyak tiga gelombang, akan kembali dibuka.

Sekretaris Menko Perekonomian Susiwijono mengatakan gelombang keempat bakal dibuka pada akhir Juli ini dengan kuota peserta mencapai 500.000 orang. 

"Kami berharap untuk batch 4 bisa segera dijalankan bersama dengan perangkat regulasi baru, yang mudah-mudahan ini akan jauh lebih baik dari tata kelola dan akuntabilitasnya," katanya dalam video conference, Senin (13/7).

Pesertanya sendiri, lanjutnya, akan diprioritaskan bagi para pencari kerja yang terdampak pandemi Covid-19 dan pekerja tanpa upah seperti pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Selain itu juga akan diprioritaskan kepada pekerja terdampak yang sudah masuk daftar tunggu atau waiting list Kementerian Ketenagakerjaan. Berdasarkan pada pendaftaran peserta program Kartu Prakerja sebelumnya, saat ini terdapat antrean peserta yang telah masuk ke waiting list sebanyak 3 juta peserta.