IPO perusahaan digital diproyeksikan akan semakin meningkat

Akan lebih banyak perusahaan menggunakan teknologi dan mengembangkan layanan digital.

Ilustrasi. Foto Antara.

Setelah PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA), PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GoTo) akan segera menyusul untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) atau initial public offering (IPO). Ke depan diproyeksikan tren IPO perusahaan digital akan semakin meningkat.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Indonesia, Piter Abdullah. Dia mengatakan, digital adalah sebuah keniscayaan di masa depan.

Menurutnya, perusahaan-perusahaan yang ada secara bertahap akan bertransformasi menggunakan teknologi dan mengembangkan layanan digital.

"Sekarang memang kita sebut perusahaan teknologi digital. Karena mereka pionir. Tapi ke depan kita tidak bisa lagi menyebut perusahaan e-commerce sebaagi perusahaan teknologi," katanya kepada Alinea.id, Rabu (16/3).

Piter menjelaskan, dengan latar belakang perspektif tersebut, GoTo sesungguhnya bukan perusahaan teknologi. Akan tetapi, GoTo adalah perusahaan digital yang mengcover banyak sektor mulai dari ride hailing, e-commerce, bank, dan lainnya.