Jabar bakal bangun empat kawasan ekonomi khusus

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) mengungkapkan rencana pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK) seluas 200 hektare (ha) di Jabar.

Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan pemaparan mengenai program kerjanya pada acara 100 Hari Jabar Juara di Aula Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/12). (Antara Foto)

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) mengungkapkan rencana pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK) seluas 200 hektare (ha) di Jabar. Kawasan khusus ini diperuntukkan bagi industri tinggi.

Emil mengatakan pemerintah provinsi sedang mendorong pembangunan empat KEK yakni di Sukabumi, Pangandaran, Subang dan Majalengka.

“Dengan pembangunan KEK ini, maka hasil produksi industri memiliki nilai tinggi dalam ekspor,” kata Emil di Jakarta, Rabu (30/1).

Menurut Emil, KEK tersebut dibangun dengan anggaran pendapatan belanja negara (APBN) dari pemerintah pusat. Kawasan ini juga akan terintegrasi dengan infrastruktur yang memadai seperti Pelabuhan Patimban dan Bandara Kertajati. 

Emil juga menyebut pemerintah akan memberikan intensif dan kemudahan pajak bagi para investor. Hal ini sekaligus akan menarik semakin banyak investor masuk ke Indonesia khususnya Jabar.