Jaringan SKKL rute Merauke-Timika terganggu, Menkominfo targetkan akhir Mei selesai

Gangguan SKKL akan memengaruhi kualitas layanan telekomunikasi dan berdampak terhadap kualitas layanan akses internet di wilayah Papua.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (ntegah) dalam keterangannya secara online, Selasa (10/5/2022). Foto YouTube Kominfo

Dalam seminggu terakhir, terjadi gangguan jaringan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) rute Jakarta-Surabaya dan Merauke-Timika.  

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan Kementerian Kominfo bersama PT Telkom Indonesia telah menyiapkan jaringan alternatif untuk mitigasi gangguan SKKL SMPCS milik PT Telkom Indonesia rute Merauke-Timika. 

“Dalam minggu-minggu terakhir, telah terjadi dua kali gangguan SKKL atau jaringan kabel serat optik di Indonesia. Pertama gangguan terhadap SKKL Jakarta-Surabaya. Kedua, jaringan fiber optic Sulawesi, Maluku, Merauke sampai ke Timika. Gangguan ini sedang dilakukan mitigasi apa penyebabnya,” jelasnya dalam konferensi pers terkait Progres Penyelesaian Gangguan SKKL Telkom Segmen Merauke-Timika yang dipantau online, Selasa (10/5).

Mengenai jaringan SKKL Jakarta-Surabaya, Menteri Johnny menyatakan, PT Telkom Indonesia telah melakukan perbaikan jaringan. “Syukur alhamdulillah PT Telkom dengan sigap. Selesai pada 6 Mei sehingga layanan telekomunikasi tulang punggung data yang besar dapat terjaga dengan baik,” ungkapnya.

Gangguan SKKL akan memengaruhi kualitas layanan telekomunikasi dan berdampak terhadap kualitas layanan akses internet di wilayah Papua. Menurut Menkominfo, saat terjadi gangguan SKKL Merauke-Timika, kapasitas kebutuhan traffic diperkirakan sebesar 42 GB. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo dan PT Telkom Indonesia  telah menyiapkan jaringan alternatif sebagai langkah mitigasi.