Jokowi curhat penanganan Covid-19: Pandemi vs ekonomi bukan hal mudah

Jokowi mengaku dirinya dan menterinya sampai tak tidur pada awal pandemi di Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) curhat penanganan Covid-19: Pandemi vs ekonomi bukan hal mudah. YouTube/Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, berbagai tantangan dihadapi dalam upaya penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Salah satunya, mengendalikan kondisi kesehatan sekaligus perekonomian pada saat bersamaan.

Jokowi bercerita, pada awal pandemi, tidak ada negara di dunia yang memiliki pengalaman maupun standar dalam menangani situasi tersebut. Hal ini berimbas pada turbulensi atau guncangan ekonomi.

"Bagaimana mengendalikan kesehatan dan ekonomi, pandemi versus ekonomi? Bukan hal yang mudah," kata Jokowi dalam sambutannya pada "Mandiri Investment Forum" yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (1/2).

Jokowi sempat kebingungan dalam memenuhi stok masker, alat pelindung diri (APD), hingga ventilator yang menjadi kebutuhan masyarakat maupun tenaga kesehatan (nakes). Jokowi dan para menteri bahkan sampai tak tidur pada awal pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Ngurusi pandemi saja enggak pernah tidur kita. Tanya ini tokoh-tokohnya ada di sini semua, Pak Airlangga, Pak Luhut, Pak Erick. Untungnya enggak sampe kurus badannya," seloroh Jokowi.