Jurus e-commerce saat Harbolnas 2023

Hari Belanja Nasional (Harbolnas) terbukti menyedot atensi masyarakat. Transaksi Harbolnas 2022 meningkat dibandingkan sebelumnya.

Ilustrasi. Foto Freepik.

Hari Belanja Nasional (Harbolnas) terbukti menyedot atensi masyarakat. Momen di penghujung tahun itu diramaikan oleh beragam promo yang ditawarkan oleh platform e-commerce. Pun dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk menggenjot penjualan. 

Transaksi saat Harbolnas terus meningkat. Hal itu terlihat dari Harbolnas pada 2022 yang mencatat transaksi sebesar Rp22,7 triliun atau meningkat sebesar 26% dari transaksi di tahun sebelumnya. Pembelian produk lokal tercatat meningkat hampir 18% dari pembelian tahun lalu dengan nilai Rp18 triliun.

“Kami berharap transaksi pada Harbolnas 2023 ini juga akan meningkat seperti tahun-tahun sebelumnya, tentunya dengan pembelian produk lokal yang juga akan terus meningkat. Para pelaku usaha terutama pelaku usaha lokal dapat memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan penjualannya dan memperluas pasar,” ujar Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Selasa (12/12). 

Kampanye ‘Beli Lokal’ 

Pada momen ini, perusahaan e-commerce menyiapkan sederet kampanye untuk menggaet pengguna. Salah satunya, perusahaan teknologi Tokopedia yang meluncurkan kampanye ‘Beli Lokal’.