Kementan siapkan ribuan benih pisang untuk Papua Barat

Kementerian Pertanian akan membuat demfarm percontohan di setiap Kabupaten di Papua Barat.

Mentan Syahrul di sela kunjungan kerjanya saat mendampingi Presiden RI, Ketua DPR-RI dan Gubernur Papua Barat di wilayah Klamesen Distrik Mariat Kabupaten Sorong Papua Barat, Senin (4/10/2021). Foto humas Kementan

Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya meningkatkan produksi pangan agar ketahanan pangan nasional di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Provinsi Papua Barat, dapat segera terwujud.

Menurut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, pihaknya tidak hanya fokus pada pengembangan satu komoditas tertentu, tetapi beragam komoditas akan dikembangkan di Papua Barat.

“Kementerian Pertanian akan membuat demfarm, percontohan di setiap kabupaten di Papua Barat. Demfarm ini tidak hanya satu komoditi, tetapi akan ada berbagai komoditi pertanian yang ditanam bersamaan, sehingga pendapatan tidak bergantung pada satu komoditi, dari berbagai komoditi baik pangan, hortikultura dan ternak,” ucap Syahrul di sela kunjungan kerjanya saat mendampingi Presiden RI, Ketua DPR-RI dan Gubernur Papua Barat di wilayah Klamesen Distrik Mariat Kabupaten Sorong Papua Barat, Senin (4/10).

Hal senada disampaikan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Fadjry Djufry yang turut dalam rombongan. Fadjry menegaskan bahwa Balitbangtan siap berperan aktif dalam mendukung program-program yang dilakukan Kementerian Pertanian, seperti penyediaan benih unggul dan teknologi budi daya dari hulu hingga hilir serta pengolahan hasil.

“Hadirnya Balitbangtan melalui unit pelaksana teknis BPTP Papua Barat berperan mensukseskan program-program dirjen teknis yang ada, maka dari itu integrasi yang baik ini diharapkan dapat mendorong pembangunan pertanian di Papua Barat,” ucap Fadjry.