Kolaborasi SMI dan SMF mengakselerasi pembangunan

Melalui kolaborasi ini, PT SMI dan PT SMF dapat mengoptimalkan kerja sama terutama di kegiatan peningkatan kapasitas.

PT SMI dan PT SMF berkolaborasi mengoptimalkan kerja sama terutama di kegiatan peningkatan kapasitas. Foto istimewa

Kementerian Keuangan RI bersama dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) dan  PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) sebagai Special Mission Vehicles (SMV) berkolaborasi melalui kesepakatan bersama untuk mendukung percepatan pengembangan proyek-proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) khususnya di sektor perumahan.

Adapun fokus kolaborasi PT SMI dan PT SMF ini, yaitu peningkatan kapasitas; identifikasi dukungan, skema pembiayaan dan struktur KPBU; serta kolaborasi SMV untuk implementasi dukungan penyiapan dan transaksi KPBU.

Melalui kolaborasi ini, PT SMI dan PT SMF dapat mengoptimalkan kerja sama terutama di kegiatan peningkatan kapasitas atau terlibat dalam berbagai diskusi Focus Group Discussion (FGD) dengan Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) dari kementerian/lembaga terkait dalam upaya mendukung pengembangan proyek infrastruktur, dapat mengidentifikasi potensi dukungan, skema pembiayaan, mengembangkan struktur proyek KPBU yang sesuai serta bersinergi dalam implementasi fasilitas penyiapan dan pendampingan transaksi proyek dalam rangka percepatan proyek KPBU sektor perumahan secara inovatif.

Direktur Utama PT SMI Edwin Syahruzad, menyampaikan, sebagai SMV Kemenkeu, PT SMI memiliki mandat sebagai katalis percepatan pembangunan di Indonesia. Dengan demikian, untuk mendukung hal tersebut, PT SMI telah melakukan berbagai langkah inovatif dalam mencari alternatif sumber dana untuk pembiayaan proyek serta mempromosikan KPBU. 

"PT SMI juga telah melakukan berbagai kegiatan penguatan ekosistem infrastruktur. Kami berharap dengan adanya kolaborasi ini dapat semakin memperkuat pemahaman publik serta ekosistem infrastruktur khususnya dalam mendukung pelaksanaan KPBU di sektor penyediaan perumahan. Selain itu, kolaborasi ini akan semakin memperkuat sinergi SMV di bawah koordinasi Kemenkeu dalam mendukung pembangunan di Indonesia yang dapat memberikan manfaat sosial ekonomi secara luas kepada masyarakat," ujar Edwin dalam siaran pers, Kamis (4/11).