Kompensasi untuk Pertalite, Pemerintah: Pertamina jangan rugi

Deputi III Kemenko Perekonomian Montty Giriana mengatakan pemerintah bakal memberikan kompensasi untuk Pertalite agar harganya tidak naik.

Ilustrasi SPBU yang menjual BBM produksi Pertamina di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan. Google Maps/M43V3RS

Pemerintah mendorong konsumsi bahan bakar minyak (BBM) masyarakat terus mengarah ke BBM yang lebih ramah lingkungan. Masyarakat didorong untuk beralih mengkonsumsi BBM jenis Pertalite RON 90 dari BBM jenis Premium RON 88.

Deputi III Kemenko Perekonomian Montty Giriana mengatakan pemerintah bakal memberikan kompensasi untuk Pertalite agar harganya tidak naik. Sehingga PT Pertamina (Persero) tidak mengalami kerugian.

Dia menjelaskan saat ini pembahasan mengenai kompensasi sudah dilakukan lintas kementerian. Mulai dari Kementerian Keuangan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan juga Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Intinya ada beberapa hal, pertama kita sepakat pemanfaatan BBM jauh lebih bersih harus diteruskan," ungkapnya dalam acara Energy Corner, Rabu (2/02).

Poin kedua menurutnya adalah saat ini secara volume konsumsi premium sudah jauh lebih berkurang dari kuota-kuota yang ditetapkan. Bahkan di bulan Desember dan Januari sudah tidak lagi dikonsumsi, masyarakat sudah beralih ke RON yang lebih tinggi.