Kontribusi ekspor roda empat Grup Astra capai 61% dari ekspor nasional

Grup Astra telah mendukung program ekspor nonmigas, terutama untuk produk otomotif dan komponen.

Pelepasan kontainer produk suku cadang Astra Otoparts berupa baterai Incoe, ban luar Aspira Premio, dan suku cadang Aspira oleh Presiden Direktur PT Astra Otoparts Tbk (AOP) Hamdhani Dzulkarnaen Salim (memegang bendera) yang disaksikan oleh Direksi AOP (4/12/2020). Dokumentasi Astra

Anak-anak perusahaan PT Astra International Tbk. (ASII) berpartisipasi pada pelepasan ekspor dari Indonesia ke pasar global pada Jumat (4/12).

Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro mengatakan, beberapa perusahaan Grup Astra seperti PT Astra Otoparts Tbk (AOP), PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

AOP tercatat mengekspor komponen otomotif untuk pasar suku cadang pengganti (replacement market) dan segmen pabrikan (original equipment manufacturer/OEM). Kemudian ADM mengekspor kendaraan Gran Max, sedangkan IAMI mengekspor kendaraan komersialnya, yakni Isuzu Traga.

"Grup Astra telah mendukung program ekspor nonmigas, terutama untuk produk otomotif dan komponen. Bisnis roda empat dan roda dua Grup Astra dengan kapasitas produksi masing-masing lebih dari 700.000 unit per tahun dan lebih dari 5 juta unit per tahun, menjadi keunggulan strategi produksi untuk melayani kebutuhan pasar domestik dan ekspor," kata Djony dalam keterangan resminya, Jumat (4/12).

Djony melanjutkan, AOP sebagai produsen dan distributor komponen kendaraan bermotor, saat ini telah mengekspor sekitar 74 jenis komponen. Komponen tersebut terdiri dari baterai, ban, komponen elektrikal, transmisi mesin, hingga komponen lainnya, ke 50 negara tujuan ekspor.