Kontribusi layanan data XL capai 69%

Kontribusi layanan data XL Axiata terhadap pendapatan bisnis naik dari 48% di 2016 menjadi 69% di 2017.

Vice President Ragion XL Axiata Jabodetabek Bambang Parikesit (kedua kiri) dan jajaran manajemen XL Axiata Jabodetabek.

Pendapatan bisnis layanan data yang semakin besar memberikan kontribusi positif bagi PT XL Axiata Tbk (EXCL). Jika pada 2016, kontribusi layanan data XL hanya 48%. Pada 2017 kontribusinya naik menjadi 69%. Hal itu berpengaruh positif terhadap pendapatan perseroan di 2017.

Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan pencapaian sepanjang 2017 menunjukkan transformasi bisnis yang dilakukan sejak 2015 sudah tepat. Dia mengklaim berhasil memperkuat bisnis layanan data sebagai tumpuan perusahaan. 

"Salah satu indikatornya adalah pendapatan bisnis layanan data yang semakin besar memberikan kontribusi bagi pendapatan perusahaan," ujar Dian, Jakarta, Jumat (2/2).

Sebanyak 72% dari total pelanggan atau sekitar 38,3 juta pelanggan telah menggunakan smartphone. Angka ini meningkat 32% dari capaian tahun lalu seiring dengan terus semakin baiknya kualitas layanan data dan pembangunan jaringan data. 

Hingga akhir 2017, jumlah pelanggan aktif yang mengkonsumsi layanan data mencapai 73%. Terus tumbuhnya jumlah pelanggan yang mengakses layanan data mampu mendorong kenaikan trafik layanan data hingga dua  kali atau mengalami peningkatan sebesar 148% year on year (YoY).