KPPU: Harga daging ayam, sapi, dan cabai bergejolak

Beberapa komoditas seperti daging sapi, daging ayam, dan cabai mengalami gejolak harga karena berbagai macam faktor.

Seorang pedagang memotong daging sapi di Pusat Pasar Medan, Sumatera Utara, Selasa (21/4/2020). Foto Antara/Septianda Perdana

Komisi Pengawas Parsaingan Usaha (KPPU) menyampaikan, pihaknya melalui kantor wilayah melakukan pemantauan dan kajian ke lapangan dalam beberapa minggu terakhir mengenai harga komoditas pangan di awal Ramadan.

Komisioner KPPU Guntur Saragih mengatakan, pihaknya melakukan pemantauan agar jangan sampai terjadi pelanggaran persaingan usaha, karena mulai meningkatnya permintaan di 2021. 

"KPPU menganggap jangan sampai ada penambahan biaya, khususnya dalam hal pangan. Makanya kami dari awal puasa ini sudah menyiapkan, melakukan pemeriksaan (harga) di lapangan," kata Guntur dalam konferensi pers KPPU, Jumat (16/4).

Deputi Bidang Kajian dan Advokasi KPPU Taufik Ariyanto menuturkan, dari pemantauan di lapangan, beberapa komoditas seperti daging sapi, daging ayam, dan cabai mengalami gejolak.

Taufik menjelaskan, di kantor wilayah I KPPU, yaitu di Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Riau, harga komoditas daging sapi, cabai, dan bawang mengalami kenaikan mendekati 16%.