Lepas ekspor produsen mesin cuci, Menperin: Perusahaan relokasi dari China

Relokasi produksi tersebut merupakan hasil dialog Menperin dengan para pemegang merek saat melakukan kunjungan kerja ke Jepang pada Maret.

CES2020 Panasonic Booth. Foto panasonic.com

Kementerian Perindustrian melepas ekspor mesin cuci yang diproduksi oleh PT Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) ke Jepang. PMI merupakan perusahaan mesin cuci hasil relokasi dari China ke Indonesia.

“Hari ini kami melepas ekspor perdana produk mesin cuci dari PT Panasonic Manufacturing Indonesia (PT PMI) ke Jepang. Ini merupakan hasil relokasi produksi mesin cuci dari China,” ujar Agus dalam keterangan tertulis, Kamis (23/9).

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan, relokasi dan ekspor produk mesin cuci ke Jepang tersebut sangat membanggakan, karena negara tersebut dikenal memiliki pasar yang sangat sensitif dan selektif terhadap kualitas produk.

Apalagi relokasi produksi tersebut merupakan hasil dialog Menperin dengan para pemegang merek saat melakukan kunjungan kerja ke Jepang pada Maret.

“Selain mesin cuci, kami juga merelokasi produksi AC dari Malaysia ke Indonesia, serta merelokasi produksi lemari es dari Thailand yang produknya akan diekspor ke Jepang dan Hong Kong. Selain itu, relokasi produksi mesin cuci dari Taiwan ke Indonesia, yang nantinya di ekspor ke Taiwan,” tutur Agus.