Konsumsi muslim capai US$2,4 triliun, Maruf Amin dorong ekspor produk halal

Hal ini didukung dengan sumber daya yang dimiliki, termasuk potensi sektor industri di Indonesia. 

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin. Foto wapresri.go.id

Indonesia memiliki peluang besar untuk menjadi produsen dan eksportir produk halal terbesar di dunia. Hal ini didukung dengan sumber daya yang dimiliki, termasuk potensi sektor industri di Indonesia. 

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mengatakan, Indonesia merupakan pasar yang besar dengan populasi muslim terbesar, mencapai 229 juta jiwa. Angka tersebut merupakan 87,2% dari populasi penduduk Indonesia yang berjumlah 276,3 juta jiwa atau 12,7% dari populasi muslim dunia.

Lebih lagi, sektor industri halal merupakan bagian dari ekosistem dengan potensi ekonomi yang sangat besar untuk saat ini dan ke depannya. 

Berdasarkan laporan dari State of Global Islamic Economic Report 2020-2021, tingkat konsumsi masyarakat muslim dunia mencapai US$2,02 triliun yang terserap di sektor makanan, farmasi, kosmetik, mode, perjalanan dan media/rekreasi halal. 

“Tingkat konsumsi tersebut diproyeksi terus meningkat hingga mencapai US$2,4 triliun pada 2024 dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata sebesar 3,1%,” katanya dalam pembukaan pameran Indonesia Industrial Moslem Exhibition (ii-Motion) 2021 secara virtual, Kamis (3/6).