Mendag klaim harga minyak goreng curah Rp14.000 per liter

Zulkifli menjelaskan, harga minyak goreng curah di sejumlah daerah masih tinggi karena terkendali logistik.

Ilustrasi. Foto Antara.

Kementerian Perdagangan mengklaim harga minyak goreng curah yang dijual di pasar-pasar tradisional saat ini sudah turun. Harga minyak goreng curah di wilayah Sumatra, Jawa, dan Bali menyentuh Rp14.000 per liter.

Harga itu, kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, sudah sesuai harga eceran tertinggi (HET). "Orang-orang tidak berebut lagi," kata Zulkifli Hasan saat meninjau minyak goreng curah rakyat di Pasar Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (5/7).

Bahkan, kata Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu, di beberapa daerah di Jawa dan Bali harga minyak goreng ada yang berada di bawah harga eceran tertinggi.

Berdasarkan Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan, harga minyak goreng curah pada Senin (4/7) kemarin sebesar Rp15.800 per liter, turun dari Rp15.900 per liter pada 1 Juli 2022.

Sedangkan harga minyak goreng kemasan sederhana dan kemasan premium pada 4 Juli 2022 masing-masing masih Rp21.900 per liter dan Rp25.200 per liter. Harga kedua jenis minyak goreng ini tidak diatur HET-nya.