Mengapa Erick Thohir pilih Zulkifli Zaini ketimbang Rudiantara?

Nama Rudiantara sempat disebut-sebut akan menjadi Dirut PLN, meski akhirnya Menteri BUMN Erick Thohir memilih Zulkifli Zaini.

Menteri BUMN Erick Thohir resmi menunjuk bekas Dirut Bank Mandiri Zulkifli Zaini sebagai Dirut PLN. / alsi-itb.org

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjelaskan alasan penunjukkan Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)

Mantan Dirut PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Zulkifli Zaini akhirnya resmi ditunjuk menggantikan posisi Sofyan Basir yang juga mantan Dirut PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.. Awalnya, ada nama mantan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Kabinet Kerja Rudiantara yang disebut-sebut akan menduduki kursi nomor satu di PLN.

Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik Kementerian BUMN Arya Sinulingga menjelaskan alasan Menteri BUMN Erick Thohir memilih Zulkifli Zaini ketimbang Rudiantara di kursi PLN-1. 

Menurut Arya, pemerintah telah menetapkan tugas PLN ke depan adalah pengelolaan distribusi, penurunan tarif listrik, pemanfaatan energi terbarukan, dan menekan impor.

"Kementerian BUMN menilai yang memang punya kemampuan di ahli keuangan atau finansial seperti itu, dari perbankan. Karena ini nanti menyangkut masalah pembiayaan ke depan," kata Arya di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (23/12).