Mengenal Green Sukuk Ritel

Penerbitan green sukuk ritel ini sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk menurunkan gas emisi karbon 2030 sebesar 29%.

Sukuk Tabungan Seri ST006 adalah produk investasi syariah yang diterbitkan oleh Pemerintah kepada individu Warga Negara Indonesia yang aman, mudah, terjangkau, menguntungkan, dan sesuai syariah.Kemenkeu.go.id

Belakangan ini banyak gerakan-gerakan yang menyuarakan isu peduli lingkungan, terlebih di kalangan anak muda. Mulai dari gerakan membawa botol minum sendiri, gerakan memilah sampah, hingga banyaknya restoran yang sudah tidak lagi menyediakan sedotan plastik, dan masih banyak gerakan peduli lingkungan lainnya.

Hal ini merupakan momentum yang tepat untuk mengajak khalayak untuk lebih peduli terhadap lingkungan khususnya di negeri kita sendiri, demi mewujudkan Indonesia Bersih Sampah 2025.

Sejalan dengan maraknya gerakan peduli lingkungan, pemerintah menerbitkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) jenis Sukuk Tabungan seri ST006 yang mengusung tema lingkungan (green sukuk) dan ditawarkan kepada investor individu (ritel). Penerbitan green sukuk ritel ini sebagai bentuk komitmen pemerintah untuk menurunkan gas emisi karbon 2030 sebesar 29%. Sebenarnya apa sih Green Sukuk Ritel? Yuk, simak beberapa poin penting berikut ini. 

Green Sukuk Ritel online pertama di dunia

Green Sukuk Ritel akan menjadi instrumen investasi hijau pertama yang ditawarkan kepada investor individu di pasar domestik. Dinamakan “green” karena hasil penerbitan instrumen investasi dalam bentuk surat berharga syariah negara tersebut akan digunakan untuk membiayai proyek-proyek lingkungan dalam upaya penurunan emisi karbon di Tanah Air guna perbaikan ketahanan iklim.