Menghitung keuntungan investasi EBA-SP ritel SMF

Investor bisa merogoh kocek minimal Rp100.000 dan maksimal Rp10 juta untuk membeli EBA-SP ritel. Bagaimana keuntungan investasinya? 

Investor bisa merogoh kocek minimal Rp100.000 dan maksimal Rp10 juta untuk membeli EBA-SP ritel/Pixabay

Bagaimana dengan rencana investasi Anda tahun depan? Menjelang tutup tahun, tak ada salahnya bila melakukan evaluasi hasil investasi.

Bila target investasi belum tercapai, mungkin saatnya untuk melirik instrumen investasi lain. Salah satu yang bisa menjadi pilihan merupakan Efek Beragun Aset berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP) ritel.

Saat ini, baru satu produk EBA-SP ritel yang beredar di pasar, yakni EBA-SP SMF BTN 01 Kelas A yang dirilis oleh PT Sarana Multigriya Finansial (SMF). Investor bisa merogoh kocek minimal Rp100.000 dan maksimal Rp10 juta untuk membeli produk ini. 

Kuponnya sekitar 8,6% per annum dengan peringkat AAA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Kupon itu lebih tinggi dibandingkan rata-rata suku bunga deposito. Tingkat bunga penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) bank umum untuk suku bunga denominasi rupiah saja saat ini hanya di level 6,75%. 

SMF berperan sebagai standby seller dan standby buyer, kuotasi harga jual dan beli dari SMF setiap pagi berlaku 1 hari. Transaksi bisa dilakukan melalui perusahaan pedagang efek yang bekerjasama dengan SMF.