Menhub minta serapan PNBP di kawasan Pelabuhan Marunda dioptimalkan

PNBP akan digunakan kembali untuk membangun sapras transportasi, khususnya di daerah 3TP.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, memberikan sambutan saat meninjau Terminal Marunda Centre di Bekasi, Jabar, pada Minggu (14/8/2022). Dokumentasi Kemenhub

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, meminta penarikan penerimaan negara yang diperoleh dari perusahaan di kawasan Pelabuhan Marunda dilakukan melalui tata kelola yang baik. Hal tersebut disampaikannya saat meninjau Terminal Marunda Centre di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (14/8).

"Saya meminta kepada jajaran Otoritas Pelabuhan melakukan penarikan pendapatan negara bukan pajak (PNBP) secara governance agar hasilnya maksimal," katanya dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (15/8).

Budi menilai, PNBP yang diterima dari kegiatan komersial di kawasan Pelabuhan Marunda perlu dioptimalkan. Hal ini dilakukan sebab PNBP tersebut akan digunakan kembali oleh pemerintah untuk membangun sarana dan prasarana (sapras) transportasi, khususnya di daerah terpencil, terluar, tertinggal, dan perbatasan (3TP).

"Penerimaan PNBP ini harus dioptimalkan karena akan membantu keberlanjutan pembangunan di tengah APBN kita yang terbatas," ujarnya.

Lebih lanjut, Budi berpesan, badan usaha pelabuhan (BUP) yang ada di kawasan Pelabuhan Marunda memenuhi kewajiban menyetor PNBP dan kewajiban pajak lainnya kepada pemerintah. Selain itu, menjaga dan meningkatkan aspek keselamatan dan kualitas pelayanan kepelabuhanan.