Mentan dorong budi daya bibit alpukat berkualitas di Malang

Desa Wonorego, Kabupaten Malang, menjadi salah satu sentra budi daya alpukat.

Mentan, Syahrul Yasin Limpo (kedua kiri), saat meninjau lokasi penangkaran bibit alpukat di Kabupaten Malang, Jatim, Kamis (3/9/2020). Dokumentasi Ditjen Hortikultura Kementan

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mendorong pengembangan bibit unggul di Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim). Sebab, memiliki potensi besar dalam mengembangkan buah dan aneka tanaman hortikultura lainnya.

"Kami hadir di sini untuk memastikan, bahwa program-program yang ada di Malang akan terus kami dorong demi menghadirkan bibit-bibit yang unggul dan berkualitas," ujarnya saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Malang, Kamis (3/9).

Menurut politikus Partai NasDem ini, Kabupaten Malang telah sejak lama dikenal memiliki kemampuan dalam bidang pembibitan karena kolaborasi gabungan kelompok tani (gapoktan) dan pemerintah daerah (pemda) berlangsung baik.

"Hari ini saya menyaksikan ada bibit alpukat kita yang dikembangkan dengan cukup apik dan saya yakin ini akan menjadi kontribusi sumbangsih hadirnya alpukat-alpukat kualitas tinggi di negara Indonesia," paparnya.

SYL, sapaannya, pun mengapresiasi kinerja Bupati Malang yang menyiapkan sarana prasarana (sapras) produksi pertanian secara lengkap. Sehingga, poktan termotivasi melakukan inovasi dan menjadi andalan nasional.