Migas masih punya peran penting dalam bauran energi global

Saat ini Migas masih memiliki peran penting dalam bauran energi primer global.

Ilustrasi Pixabay.

Minyak dan gas (Migas) masih memiliki peran penting di dalam bauran energi primer, baik secara global dan Indonesia. Saat ini dan beberapa tahun ke depan perannya masih akan signifikan.

Direktur Eksekutif Reforminer Institute, Komaidi Notonegoro, dalam laporannya mengatakan, kesiapan dan akselerasi pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) terutama dalam merealisasikan harga yang lebih kompetitif dengan energi fosil, akan menjadi penentu kesuksesan pelaksanaan transisi energi.

Menurutnya, saat ini Migas masih memiliki peran penting dalam bauran energi primer global. Porsi Migas dalam bauran energi primer global 2020 sekitar 56%. Konsumsi minyak bumi global selama 2011-2021 tercatat meningkat sekitar 0,11% per tahun.

"Sementara konsumsi gas bumi global pada periode yang sama meningkat sekitar 1,78% per tahun," ucapnya dalam laporan Reforminer Institute, Rabu (6/4).

Selama periode 2011-2021, Migas mendominasi bauran energi primer global dengan rata-rata porsi sekitar 53,2% terhadap total konsumsi semua jenis energi global.