MPMX milik Sandiaga Uno dan Edwin Soeryadjaya jual perusahaan

Perusahaan milik Sandiaga Uno & Edwin Soeryadjaya, PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. (MPMX) menjual PT Federal Karyatama senilai Rp6 triliun.

Sandiaga Uno/ Antara Foto

Perusahaan milik Sandiaga Uno dan Edwin Soeryadjaya, PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. (MPMX) menjual perusahaan PT Federal Karyatama sebesar Rp6 triliun.

Emiten bersandi saham MPMX tersebut merupakan lini bisnis diler mobil PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. (SRTG) yang dimiliki oleh Sandi dan Edwin. Sedangkan, Federal Karyatama merupakan anak usaha MPMX pemegang merek Federal Oil.

Seluruh saham Federal Karyatama dijual kepada Exxon Mobil. Nilai divestasi 100% saham anak usaha MPMX ini mencapai US$436 juta, setara dengan Rp6 triliun.

Direktur MPMX Agung Cahyadi Kusumo mengatakan keputusan perusahaan untuk menjual anak usaha ini dikarenakan portofolionya di industri pelumas sudah sangat baik. Saat ini, nilai kapitalisasi pasar (market capitalization) Federal Karyatama mencapai Rp4,3 triliun.

“Segala keputusan ini sudah dipersiapkan dengan baik dan melalui perhitungan yang matang. Perusahaan ini sehat dan akan tumbuh dengan bagus,” kata Agung usai rapat umum pemegang saham MPMX di Jakarta, Selasa (6/6).