Nokia dan Indosat Ooredoo luncurkan jaringan 5G di Indonesia

Ini akan menjadi pengalaman baru bagi pelanggan Indosat Ooredoo, baik perusahaan dan industri yang didukung dengan jaringan terbaru 5G. 

Nokia dan Indosat Ooredoo mengumumkan peluncuran layanan komersial 5G, Jumat (17/9) di Surabaya, Jawa Timur. Foto istimewa

Nokia dan Indosat Ooredoo mengumumkan peluncuran layanan komersial 5G, Jumat (17/9) di Surabaya, Jawa Timur. Dengan adanya kerja sama ini, akan menjadi pengalaman baru bagi pelanggan Indosat Ooredoo, baik perusahaan dan industri yang didukung dengan jaringan terbaru 5G. 

Nokia akan memasok peralatan dari seri terbaru produk AirScale berbasis ReefShark termasuk portofolio AirScale Single RAN (S-RAN) untuk jangkauan indoor dan outdoor. Solusi ini akan menawarkan kecepatan yang lebih kencang dan jangkauan seluler yang lebih kuat bagi para pelanggan Indosat Ooredoo, hal ini juga sekaligus dapat memangkas biaya bagi para operator untuk menjalankan jaringannya.

Solusi dynamic spectrum sharing (DSS) yang memungkinkan bagi Indosat Ooredoo untuk menggunakan spektrum jaringan 4G untuk layanan 5G juga akan diterapkan oleh Nokia. Dengan solusi tersebut akan bisa mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengaktifkan dan menjalankan layanan 5G.

President of Mobile Networks Nokia Tommi Uitto mengatakan, sangat antusias untuk meluncurkan layanan komersial 5G di Indonesia bekerjasama dengan Indosat Ooredoo sebagai mitra terpercaya pihaknya. Portofolio AirScale Nokia akan memberikan layanan terbaik di kelasnya bagi para pelanggan Indosat Ooredoo. Kedepannya saya berharap dapat terus bekerja sama dengan Indosat Ooredoo untuk menghadirkan layanan 5G di Indonesia.

"Pembukaan Nokia 5G Experience Center juga akan membantu untuk menyediakan platform guna mendorong inovasi di tanah air,” kata dia dalam keterangan tertulisnya.