Bisnis

Olahan mangga Cirebon kian higienis berkat solar dryer Kementan

Poktan Danu Jaya mampu mengolah 200 kg mangga menjadi manisan kering per harinya.

Rabu, 23 September 2020 16:27

Kementerian Pertanian (Kementan) menyalurkan bantuan berupa 88 pengering tenaga surya (solar dryer dome) kepada petani pada 2020. Tujuannya, meringankan beban usaha tani dan meningkatkan kesejahteraan.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Prihasto Setyanto, berharap, bantuan dimanfaatkan secara optimal dan dipelihara dengan baik. "Sehingga, dapat memberikan nilai tambah dan daya saing komoditas hortikultura, khususnya mangga di Cirebon," ucapnya dalam keterangan tertulis, Rabu (23/9).

Terdapat beberapa tantangan dan kendala saat pengeringan mangga secara tradisional, seperti butuh lahan luas, rentan terkontaminasi debu atau kotoran, dan prosesnya dipengaruhi kondisi iklim. Namun, dapat teratasi dengan memanfaatkan pengering tenaga surya.

Kelompok Tani (Poktan) Danu Jaya di Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar), menjadi salah satu penerima bantuan itu. Mereka telah mengolah mangga menjadi manisan kering selama sekitar 25 tahun.

Poktan ini mampu mengolah 200 kilogram (kg) mangga menjadi manisan kering dengan rendemen sebesar 20% setiap harinya. Bahkan, telah mengantongi izin produk industri rumah tangga (PIRT).

Fatah Hidayat Sidiq Reporter
Fatah Hidayat Sidiq Editor

Tag Terkait

Berita Terkait