Palapa Ring mengalirkan internet ke seluruh nusantara

Proyek infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring menjadi jualan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo.

Proyek infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring menjadi jualan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo. (Pixabay)

Proyek infrastruktur telekomunikasi Palapa Ring menjadi jualan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo. Dalam debat kedua pemilihan presiden (pilpres) 2019, Jokowi mengatakan pembangunan Palapa Ring hampir mencapai 100%.

Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer. Proyek prioritas ini terdiri atas tujuh lingkar kecil serat optik dan satu backhaul untuk menghubungkan semuanya.

Di laman Komite Percepatan Pembangunan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), disebutkan proyek ini diharapkan bisa menciptakan pemerataan dan kemudahan akses telekomunikasi dan informasi.

Selain itu, seperti yang disampaikan Jokowi dalam debat kemarin, kecepatan akses internet juga bisa membuka peluang usaha dan lapangan pekerjaan berbasis internet (e-commerce), meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem kerja, dan meningkatkan kompetensi untuk berkompetisi di pasar global.

Palapa Ring merupakan proyek kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) pertama di bidang infastruktur telekomunikasi. Investasi yang dibutuhkan untuk proyek ini sekitar Rp7,7 triliun. Pekerjaan Palapa Ring juga dibagi menjadi tiga paket, yakni Timur, Tengah dan Barat. Jaringan ini akan menjangkau 34 provinsi serta 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.