Pasar obligasi diprediksi bergairah sepanjang tahun

Pasar obligasi diprediksi bergerak positif tahun ini dengan imbal balik yang menggiurkan. 

Ilustrasi / hsbc.com.au

Pasar obligasi diprediksi bergerak positif tahun ini dengan imbal balik yang menggiurkan. 

Mandiri Sekuritas memperkirakan pergerakan pasar obligasi akan memberikan imbal hasil (return) yang positif pada 2019. Kepala Riset Fixed Income Mandiri Sekuritas Handy Yunianto mengatakan hal tersebut disebabkan oleh lima faktor pendukung.

"Pertama entry level yield-nya jauh lebih baik daripada 2018, kedua BI ada kemungkinan menurunkan suku bunga sementara secara makro inflasi sangat bisa dikendalikan," ujar Handy di Jakarta, Senin (17/6).

Faktor ketiga, lanjut Handy, kebijakan fiskal dan moneter akan memberikan sentimen positif pada pasar obligasi. Faktor keempat, kemungkinan aliran dana asing yang keluar (outflow) di 2019 kecil. Terakhir, pasar sudah mulai bullish dan dukungan domestik besar karena ekspektasi suku bunga BI akan turun.

Dari riset Mandiri Sekuritas, sejak tahun 2010 return investasi di pasar obligasi mencatatkan nilai negatif pada tahun 2013 dan 2018. Handy mencatat ada dua faktor yang menyebabkan return investasi menurun. Pertama, BI menaikkan suku bunga, dan kedua terjadi foreign fund outflow.