Pefindo menambahkan peringkat idAA- untuk BSDE

Peringkat utang tersebut akan berlaku dalam rentang setahun ke depan.

Developer PT Bumi Serpong Damai Tbk. (BSDE). Facebook

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menambahkan peringkat menjadi idAA- untuk emiten properti PT Bumi Serpong Damai Tbk. (BSDE). Di mana, peringkat utang tersebut akan berlaku dalam rentang setahun ke depan.

Direktur Bumi Serpong Damai Hermawan Wijaya mengatakan, peringkat tersebut merupakan hasil pemeringkatan tahunan Pefindo per 6 Januari 2022. Dalam sertifikat tersebut dijelaskan peringkat tersebut diberikan berdasarkan data dan informasi dari perseroan serta laporan keuangan audit per 30 September 2021.

"Adapun peringkat idAA- diberikan untuk surat utang Obligasi Berkelanjutan II Bumi Serpong Damai Tahap I Seri B Tahun 2016 senilai Rp25 miliar dan PT Bumi Serpong Damai Tbk.," jelas Hermawan dalam keterangan resmi, Senin (10/1).

Hermawan menjelaskan, efek utang dengan peringkat idAA memiliki sedikit perbedaan dengan peringkat tertinggi yang diberikan. Obligor dengan peringkat idAA artinya memiliki kemampuan untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang.

"Untuk tanda negatif menunjukkan bahwa peringkat yang diberikan tersebut relatif lemah dan di bawah rata-rata kategori yang bersangkutan," tambahnya.