Peluncuran QRIS oleh Tokopedia dan Gopay

Pengguna QRIS sudah menyentuh angka 13,6 juta hingga 6 Desember 2021.

GoTo melalui Tokopedia dan GoPay meluncurkan sistem pembayaran nontunai yaitu QRIS, Kamis (17/12/2021). Foto humas Tokopedia

GoTo melalui Tokopedia dan GoPay meluncurkan sistem pembayaran nontunai yaitu QRIS. Di mana, puluhan ribu warung yang menjadi mitra Tokopedia di seluruh Indonesia ditargetkan guna mendukung mendukung transaksi nontunai meningkat serta gaya hidup cashless society. 

Sebagai informasi, sebanyak 96% pengguna QRIS berasal dari kalangan UMKM. Dengan di dorong oleh inisiatif GoTo, maka pengguna QRIS tidak hanya berasal dari gerai tapi juga konsumer bisa lebih padu lagi.

Head of Regulatory Affairs GoPay Yogi Harsudiono meyakini, upaya untuk mengakselerasi pembayaran digital atau nontunai seperti penggunaan QRIS akan mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan inklusi keuangan, dan dapat meningkatkan multiplier effect pada perekonomian Indonesia

"Dengan mendorong implementasi pembayaran nontunai pada sejumlah mitra di Tokopedia yang mana didominasi oleh warung- warung, diharapkan masyarakat bisa lebih terbiasa untuk menggunakan layanan digital sejalan dengan agenda transformasi digital," ujar Yogi dalam Konferensi Pers Virtual GoTo, Kamis (16/12).

Selain itu, penggunaan QRIS dinilai lebih higienis dan sesuai dengan protokol kesehatan. Hal itu dikarenakan kemampuan pembayaran nirsentuh yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi tanpa kontak fisik.