Pemerintah diminta siapkan strategi pasca-Covid

Persoalan ini wajib diprioritaskan, guna meminimalkan beberapa ekses negatif yang tidak diinginkan.

Seorang petugas keamanan menunjukkan tanda imbauan wajib memakai masker kepada pengunjung di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (18/5).Foto Antara/Aji Styawan/pras.

Pemerintah dan elemen bangsa perlu menyiapkan komitmen kuat untuk mewujudkan beberapa strategi mendasar di bidang sosial, ekonomi, politik, dan budaya baru pascapandemi Covid-19. Di mana sikap optimisme, disiplin keras dan kegotongroyongan harus dipertahankan agar wabah coronavirus ini segera berlalu.

"Tak kalah penting, jangan sampai pula ada pihak-pihak yang mencoba mengeruk keuntungan di tengah keprihatinan sosial dan ekonomi saat ini," ucap anggota DPR Marwan Jafar, Selasa (19/5/) di Jakarta. 

Ia menegaskan sejumlah strategi mendasar tersebut harus meliputi beberapa gagasan. 

"Sangat penting menegakan keadilan dan hukum (do justice) secara konsisten oleh jajaran pemerintah khususnya oleh kementerian dan lembaga berwenang terkait beberapa aturan kebijakan maupun protap penanganan Covid-19. Termasuk kepastian penyaluran berbagai bentuk jaring pengaman sosial secara adil, merata, objektif dan tepat sasaran," papar dia.

Dia menilai, persoalan ini wajib diprioritaskan, guna meminimalkan beberapa ekses negatif yang tidak diinginkan. Di sisi lain, perilaku positif dan beberapa kebiasaan baru warga masyarakat yang terbentuk selama masa pandemi Covid-19, sangat baik untuk dipertahankan maupun diteruskan agar menjadi bangsa yang lebih berdisiplin.