Pemerintah konsisten perluas ekspor ke pasar nontradisional

Indonesia terus melakukan misi dagang, promosi dagang, hingga kerja sama penugasan khusus ke pasar nontradisional.

Pemerintah konsistenĀ memperluas ekspor ke pasar nontradisional untuk meningkatkan ekspor nonmigas antara lain melalui misi dagang, promosi ekspor, dan pembentukan perjanjian bilateral. / Antara Foto

Pemerintah konsisten memperluas ekspor ke pasar nontradisional untuk meningkatkan ekspor nonmigas antara lain melalui misi dagang, promosi ekspor, dan pembentukan perjanjian bilateral.

“Hingga semester I tahun 2019, sejumlah langkah telah dilaksanakan Kemendag terkait pengembangan ekspor, seperti pelaksanaan kegiatan-kegiatan promosi dagang terpadu ke sejumlah negara,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Arlinda dihubungi di Jakarta, Kamis (18/7)

Arlinda mengatakan misi dagang, promosi dagang, hingga kerja sama penugasan khusus pembiayaan ekspor dilakukan ke negara-negara di kawasan Afrika, Asia Selatan dan Timur Tengah, Selandia Baru, dan Turki.

Dalam jangka pendek, kebijakan peningkatan ekspor dilakukan melalui pemilihan komoditas ekspor unggulan, mengurangi biaya dan simplifikasi prosedural ekspor, serta diplomasi ekonomi dan peningkatan akses pasar.

Terkait upaya peningkatan ekspor melalui pemilihan komoditas ekspor unggulan, saat ini pemerintah telah menetapkan sektor unggulan berorientasi ekspor yang diklasifikasi dalam dua kelompok.