Pemerintah rancang perumusan KBLI untuk penyaluran KUR Pariwisata

KUR Pariwisata diharapkan memberi kesempatan bagi pengusaha kecil untuk menikmati kue di sektor pariwisata.

Foto udara kendaraan melintas di jalan akses wisata ke Nagari Mandeh, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Selasa (3/7). Kementerian PUPR melanjutkan pembangunan jalan akses ke kawasan strategis pariwisata nasional Mandeh sepanjang 41,18 kilometer yang ditargetkan rampung pada akhir tahun 2018, sebelumnya sudah dikerjakan sepanjang 16 kilometer. Antara Foto

Pemerintah sedang menggodog perumusan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha (KBLI) untuk penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pariwisata. Hal itu guna mendorong perekonomian Indonesia, untuk menambah devisa negara.

Menko Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Menteri Pariwisata Arif Yahya untuk mendorong ekspor ‎jasa pariwisata

"Memang itu sudah disiapkan dengan Menteri Pariwisata, mulai dari membangun kebersihan, air bersih, termasuk di daerah-daerah pariwisata," jelas Darmin di kantornya, Minggu (22/7).

Selain itu persiapan turut dilakukan dengan memperbaiki akses jalan menuju tempat pariwisata, dan bagaimana skema penyaluran KUR ‎untuk berbagai kegiatan UKM di daerah.

Misalnya untuk membangun home stay, pasar untuk hasil-hasil kerajinan, sampai membangun restoran kecil-kecil yang besih.