Pemprov-Bank DKI bekali UMKM hadapi era kompetitif

Baiknya literasi keuangan membantu pelaku UMKM mengelola bisnis secara efisien dan berkualitas.

Pemprov dan Bank DKI membekali UMKM menghadapi era kompetitif dengan mengadakan edukasi literasi keuangan. Dokumentasi Bank DKI

Baiknya literasi keuangan turut membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mengelola bisnis secara efisien dan berkualitas. Dengan begitu, meningkatkan daya saing dan mengembangkan usahanya secara berkelanjutan.

Hal ini mendasari Bank DKI mengadakan literasi keuangan dengan melibatkan lebih dari 500 UMKM binaan Sudin Perindagkop UKM Jakarta Timur (JakPreneur). Kegiatan bertema "Mental Wirausaha dan Literasi Pengelolaan Keuangan Pribadi" ini berlangsung sejak Juli 2023 dan telah berlangsung di 10 kecamatan se-Jaktim.

Direktur Teknologi dqn Operasional, merangkap Plt. Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono, menyatakan, program tersebut merupakan komitmen pihaknya mendorong UMKM siap menghadapi tantangan dan peluang di era ekonomi yang kian kompetitif.

"Program yang telah berjalan merupakan pilot project dan ke depannya akan dilanjutkan ke wilayah DKI Jakarta lainnya," katanya dalam keterangannya, Senin (21/8).

Kasudin Perindagkop UKM Jaktim, Derlina Melinda Sagala, menambahkan, pelaksanaan pelatihan literasi keuangan itu juga selaras dengan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 2 Tahun 2020. Para peserta mendapatkan pelatihan dari pakar di bidangnya, seperti kewirausahaan, perbankan, UMKM, dan pendamping JakPreneur.