Penetapan lokasi ibu kota baru diputuskan tahun ini

Pemerintah sudah menyiapkan timeline untuk pemindahan ibu kota baru, dimulai dari penetapan lokasi pada tahun ini.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menyatakan lokasi ibu kota baru untuk Indonesia akan ditetapkan pada tahun ini. / Antara Foto

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menyatakan lokasi ibu kota baru untuk Indonesia akan ditetapkan pada tahun ini. Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan selanjutnya pembangunan ibu kota baru akan dilakukan pada 2020.

“Sehingga proses pemindahan pemerintahan ke ibu kota baru bisa dimulai 2024 mendatang,” kata Bambang di Gedung Bina Graha, Kantor Staf Presiden, Jakarta Pusat, Senin (13/5).

Lebih lanjut, Bambang memaparkan urutan rencana pemindahan tersebut. Menurutnya, kajian teknis yang direncanakan rampung akhir 2019. Kemudian, dikonsultasikan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk dibuatkan payung hukum pemindahan ibu kota pemerintahan tersebut hingga awal 2020.

Selanjutnya, 2020 hingga 2022 adalah penyiapan lahan, termasuk memastikan status tanah yang akan dijadikan lokasi infrastruktur dasar. "Tahun 2022-2024, pembangunan dan konstruksi dimulai," katanya.

Kapasitas penduduk