Penumpang komuter terus meningkat, KCI ekspansi besar-besaran

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan belanja besar-besaran, seperti menambah rangkaian kereta dan membuka rute komuter di Bandung.

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan melakukan ekspansi besar tahun ini untuk memenuhi permintaan yang tinggi. Alinea.id/Laila Ramdhini

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan melakukan ekspansi besar tahun ini untuk memenuhi permintaan yang tinggi. 

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan perusahaan akan menambah rangkaian kereta rel listrik (KRL) commuter line Jabodetabek. Menurut Anne, KCI telah memesan 192 unit KRL dari Jepang.

Penambahan KRL ini dilakukan secara bertahap. Saat ini, jumlah KRL yang telah tiba di Jakarta sebanyak 64 unit. Sementara, sisa unit yang belum tiba di Jakarta akan datang pada semester II-2019 dan awal semester I-2020.

"Seluruhnya telah beroperasi melayani pengguna di Jabodetabek dan sekitarnya," kata Anne saat dihubungi reporter Alinea.id, Selasa (13/8).

Penambahan unit KRL ini diharapkan dapat mengangkut penumpang lebih banyak dalam satu rute perjalanan. Sebab nantinya, unit-unit KRL tambahan akan digunakan untuk memperpanjang gerbong kereta.